Info Sekolah
Jumat, 21 Jun 2024
  • Assalamu'alaikum. Selamat datang di web MODELSKA. Semoga informasi yang ada di website ini dapat bermanfaat.

SISWA MODELSKA BELAJAR LANGSUNG SIMULASI BAHAYA ROKOK

Diterbitkan : - Kategori : Kesiswaan / Pendidikan / Teknologi

Surakarta, Tim DM MODELSKA – Foto Siswa kelas 8A sedang melakukan percobaan tentang uji bahaya bahaya asap rokok dan kandungan nikotin pada rokok konvensional. Lantai sejuk, tepuk tangan, dan sorak girang dari siswa menjadi magnet bagi siswa lainnya untuk mendekat. Rupanya siswa kelas 8A sedang melakukan percobaan tentang uji bahaya bahaya asap rokok dan kandungan nikotin pada rokok konvensional. “Percobaan ini merupakan wujud pengembangan dari Merdeka Belajar. Saya mengajak siswa praktik langsung terkait menjaga kesehatan alat pernafasan,” kata bu Indika, selaku guru IPA yang mengajar. Alat dan bahan yang digunakan juga sederhana. Setiap kelompok menggunakan botol air mineral bekas ukuran 1500 ml, rokok konvensional, kertas tisue, dan pisau cutter.

Tahapan percobaan di kelas Lihat Foto Siswa kelas 8A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta sedang melakukan percobaan tentang uji bahaya bahaya asap rokok dan kandungan nikotin pada rokok konvensional. Pertama tutup botol dilubangi menggunakan cutter/soldier. Ukuran lubangnya menyesuaikan diameter rokok. Kemudian Pasang rokok yang sudah terlebih dulu dinyalakan dan masukkan pada tutup botol yang sudah diberi lubang sesuai dengan diameter rokok. Pasang tutup botol, kencangkan agar tidak terjadi kebocoran daya hisap air. Buka tutup botol dan berikan lapisan kertas tisue pada permukaan botol. Asap keluar melewati permukaaan tisue yang berfungsi sebagai filter.

Setelah melakukan percobaan siswa membuat analisis data dengan bantuan pertanyaan pada lembar kerja (LK). Kadar nikotin terlihat dari warna dan bau yang melekat pada tisue sebagai alat filternya. Berdasar kegiatan percobaan tersebut, setiap kelompok menuliskan hasil pengamatannya dan membuat laporan. Harapannya dengan adanya kegiatan pembelajaran IPA ini siswa SMP MODELSKA lebih mengenal bahaya rokok dan menyadari peran penting pernafasan bagi manusia.