Karyawan Makin Produktif Dengan Akses Internet

Keputusan perusahaan memblokir layanan internet demi menjaga produktivitas karyawan tampaknya kurang tepat. Studi terbaru justru menunjukkan, karyawan akan semakin produktif setelah berselancar di dunia maya.

 

Demikian hasil penelitian tim ilmuwan dari University of Copenhagen sebagaimana dilansir Daily Mail, Kamis (7/4/2011).

Mereka melakukan eksperimen dengan membagi sekelompok karyawan menjadi dua grup. Masing-masing grup diberikan instruksi untuk menyaksikan video orang-orang yang saling melempar bola.

Sebelum menyaksikan video tersebut, satu grup dipersilahkan menyaksikan video klip lucu secara online. Sementara grup lainnya diharuskan bekerja, sambil mendengarkan suara tawa kolega mereka di ruangan lain.

Peneliti kemudian menguji masing-masing grup untuk mengingat berapa kali bola dalam video dioper. Ternyata para pekerja yang sebelumnya sempat menyaksikan video klip lucu membuat lebih sedikit kesalahan dibandingkan grup yang tidak diperbolehkan bersantai.

Studi ini memang tidak sepenuhnya menyimpulkan bahwa penggunaan internet di tempat kerja membantu kinerja karyawan. Namun hasil penelitian ini mengungkapkan jika karyawan tidak diperbolehkan mengakses internet dengan bebas, cepat atau lambat mereka akan kehilangan motivasi, fokus serta efektivitas terhadap pekerjaan.

Beberapa penelitian lain juga mengklaim jika perusahaan bisa meningkatkan produktivitas pekerjanya dengan memberikan waktu khusus untuk mengakses internet, di mana mereka bisa melakukan apapun yang mereka inginkan.

Ide itu sendiri sudah diterapkan oleh Google yang mempersilahkan karyawannya menikmati 20 persen waktu bebas dari total waktu kerja mereka di penghujung hari kerja.

You May Also Like