Info Sekolah
Jumat, 21 Jun 2024
  • Assalamu'alaikum. Selamat datang di web MODELSKA. Semoga informasi yang ada di website ini dapat bermanfaat.

STS/PTS BERBASIS REKREASI PART 2 “MENGENAL PASAR TRADISIONAL DAN PASAR MODERN”

Diterbitkan : - Kategori : Kesiswaan / Pendidikan

Surakarta, Tim DM MODELSKA  – Rabu (01/02/23) STS/PTS part 2 kali ini justru lebih menarik., Pasalnya siswa mengunjungi dua tempat sekaligus untuk melakukan ujian mapel IPS. Perlu diketahui bahwa STS/PTS kali ini mengangkat tema “Pasar Tradisional dan Pasar Modern”. Pasar Tradisional yang dikunjungi ialah Pasar Harjodaksino (Gemblegan), sedangkan untuk pasar modernnya mengunjungi Luwes Gading. Ada beberapa aktivitas yang dilakukan siswa diantaranya taking video, wawancara, mencatat hasis wawancara, dan dokumentasi dengan beberapa narasumber. Adapun kunjungan ini memudahkan siswa dalam mengetahui perbedaan pasar tradisional dan pasar modern, seperti  dimana pasar tradisional siswa bisa menawarnya dan melakukan interaksi secara langsung, sedangkan di pasar modern siswa disuguhkan berbagai macam produk tanpa menawar dengan harga yang sudah terpasang di produk. Di pasar modern siswa mudah dalam memilih produk yang diminati karena penataannya yang rapi dan transaksi pembayarannya dilakukan di tempat tersendiri berbasis digital, sedangkan di pasar tradisional siswa perlu mencari produk yang diminati dengan model transaksi yang masih bersifat manual.

Estri Ristianingrum, S.Pd selaku waka kurikulum menuturkan “Adanya STS/PTS berbasis rekreasi ini harapannya tidak menjadi beban/momok bagi siswa SMP Muhammadiyah 8 Surakarta, justru menjadi hal yang menyenangkan bagi semua siswa. Dan untuk di dunia pendidikan, STS/PTS bukan hanya dilakukan disekolah dengan kehadiran guru pengawas yang menjadikan suasana tegang, namun ujian bisa dilaksanakan di luar sekolah agar anak lebih ekspresif dan tidak muncul jarak antara guru dan siswa”.

Seperti pernyataan diatas STS/PTS ini kedepannya menjadi kegiatan yang ditunggu tunggu bukan menjadi hal yang menakutkan bagi semua siswa. Sehingga siswa lebih senang menjalani aktivitas di sekolah. Dengan terobosan-terobosan baru seperti diatas SMP Muhammadiyah 8 Surakarta berupaya yang terbaik demi mencetak generasi muda yang cerdas dan berakhlaq mulia.